Cara Bermain Harmonika

Cara Bermain Harmonika - pasti siapapun taukan dengan alat musik jenis seperti ini, yang cara memainkannya yaitu dengan cara ditiup. tetapi tidak semua orang bisa menggunakan alat musik seperti ini, untuk itu harus belajar sedikit demi sedikit.


Mencari-cari tutorial Harmonica Chromatic 24 lubang ternyata susah juga. Kebanyakan tutorial yang ada adalah Harmonika 10 lubang dengan nada do terdapat di lubang ke 4. Akhirnya saya coba-coba sendiri saja, nggak tau benar atau tidaknya, tapi menurut saya pribadi benar. 24 lubang itu terdiri atas 3 oktaf, dari do buaawah nyampe do tuinggi. Kelebihan Harmonica Chromatic, hanya dengan menekan tombol yang ada di sisi kanan, maka nada bisa naik setengah tingkat.
Karena ada 24 lubang dan 3 oktaf maka dapat disimpulkan dalam satu oktaf terdapat 8 lubang. Lihat gambar!. Dari gambar itu memang tidak pas banget dengan kenyataan, kita harus menata benar dimana letak bibir dan lubang Harmonika agar suara yang dihasilkan ketika ditiup atau di hirup sesuai dengan nada-nada yang kita harapkan.
Walaupun ada situs penyedia tab Harmoica (harptab) namun saya tidak begitu menyukai situs-situs semacam itu, karena angka tab-nya secara otomatis tidak sesuai dengan Harmonika saya alhasil saya harus memikirkan kalau 4 itu adalah do, -4 itu adalah re dan seterusnya. Ahaa saya pikir mendingan membaca menggunakan not angka malah lebih simple. Yang penting untuk not angka yang menggunakan bilangan-bilangan genap 2(re),4(fa),6(la) harus di hirup sedangkan untuk bilangan-bilangan ganjil kecuali 7 (si) harus di tiup. Karena nada 7 harus di hirup.

Yuk belajar menyanti sederhana. Kayaknya gampang nieh.
TH  T T   H  T    H H  H  T H  H T  H T
32  1 3   2  1   .7 2  4  3 2  4 3  2 1
Aku punya anjing kecil ku beri nama heli
 
TH  T T    H  T  H H H  H  T   H  H  T   H   T
32  1 3    2  1 .7 2 2  4  3   2  4  3   2   1
Dia senang berlari-lari sambil bernyanyi-nyanyi
 
T H  T H T  TH  H T  H T
1 4  1 2 3  12  2 1  2 3
Heli kemari ayo lari-lari
 
T H  T H T  TH  H T  H T
1 4  1 2 3  12  2 1  .71
Heli kemari ayo lari-lari
 
itulah ulasan tentang Cara Bermain Harmonika semoga bermanfaat bagi anda semua para penggemar musik.
Cara Bermain Harmonika 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Cara Bermain Harmonika' On ...

Ditulis oleh: Yudi Herdiana - Rabu, 19 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Bermain Harmonika"

Poskan Komentar

Mohon maaf sebelumnya,, jika ada komen yang bersifat pertanyaan, jwbnnya stelah bln april 2014, karena kesibukan yg padat, terimakasih atas perhatiannya