Pengertian Sistem Kemudi

Pengertian  Sistem  Kemudi - Sistem ini merupakan salah satu sistem yang berperan penting terhadap pengemudi untuk itu sistem ini harus di desain secara teliti agar tidak terjadi kesalahan pada sistem ini umumnya banyak yang kurang stabil ini dikarenakan akibat dari penggunaan komponen mekanisme yang tidak sesuai, salah satu kasus yaitu di era 80-an yang mana banyak sistem kemudi berat kekiri atau berat kekanan dan ini mengakibatkan pengemudi merasa tidak nyaman. namun kasus seperti itu tentu saja tidak akan terulang lagi karena pada era sekarang ini
teknologi semakin canggih. adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:


Sistem kemudi pada kendaraan  mobil berfungsi untuk mengatur arah laju kendaraan dengan cara membelokkan  roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column meneruskan putaran ke roda gigi kemudi. Roda gigi kemudi ini memperbesar momen putar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui sambungan-sambungan kemudi. 

Sistem kemudi adalah salah satu sistem pada chassis mobil yang berfungsi untuk merubah arah kendaraan  dan laju kendaraan dengan cara menggerakkan atau membelokkan  roda-roda depan mobil dan menjaga agar posisi mobil tetap stabil. Cara kerjanya adalah, apabila roda roda kemudi(steering wheel)  di gerakkan/diputar, kolom kemudi( steering column) kemudian meneruskan putaran ke putaran ke roda gigi kemudi (steering gear). Steering gear  ini berfungsi untuk memperbesar momen putar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui sambungan-sambungan kemudi (steering linkage).
                               
- Sejarah sistem kemudi
Sistem kemudi mobil pertama kali di dunia adalah tiller, tiller adalah sebuah sistem kemudi yang berbentuk tongkat, seperti sistem kemudi pada perahu motor dan hanya bisa di gerakan ke kiri atau kekanan.
                       
Pada tahun 1894 Alfred Vacheron dalam mengikuti lomba Paris-Rouen menggunakan mobil model Panhard 4 hp yang telah dilengkapi dengan roda kemudi, bukan lagi tiller. sistem kemudi inilah yang di percaya sebagai cikal bakal setir mobil (roda kemudi).






Mulai dari tahun 1898, mobil-mobil keluaran Panhard et Levassor telah dilengkapi setir (roda kemudi). CS Rolls memperkenalkan mobil pertama di Inggris dilengkapi dengan roda kemudi ketika ia mengimpor 6 hp Panhard dari Perancis pada tahun 1898. dan mengganti sistem kemudi tiller di mobilnya.

        Pada tahun 1898, Thomas B. Jeffery dan putranya, Charles T. Jeffery, mengembangkan dua mobil eksperimental maju yang menampilkan mesin depan serta roda kemudi yang dipasang di sisi kiri. Akan tetapi baru pada tahun 1903 sebuah perusahaan pembuat mobil Ramblers, baru memakai setir hanya di mobil jenis ramblers model E yang merupakan mobil produksi masal. Pada 1904 baru seluruh mobil keluaran rambler telah menggunakan setir (roda kemudi). Dalam satu dekade, sistem kemudi jenis setir (Roda kemudi) telah menggantikan sistem kemudi jenis tiller di mobil-mobil saat itu.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian  Sistem  Kemudi dan akan di uptodate terus sesuai dengan perkembanagan teknologi.
Pengertian Sistem Kemudi 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Pengertian Sistem Kemudi' On ...

Ditulis oleh: Yudi Herdiana - Minggu, 03 Maret 2013

Belum ada komentar untuk "Pengertian Sistem Kemudi"

Poskan Komentar

Mohon maaf sebelumnya,, jika ada komen yang bersifat pertanyaan, jwbnnya stelah bln april 2014, karena kesibukan yg padat, terimakasih atas perhatiannya